Langsung ke konten utama

Inilah, Pola Hidup Sehat ala Rasulullah


IndoStarNet
- Terdapat beberapa cara pola hidup sehat yang baginda Rasulullah terapkan selama hidupnya yang harus umat islam ketahui. Apabila cara pola hidup baginda Rasulullah dapat dilaksanakan dengan baik dan benar, insya Allah kita dapat merasakan nikmat sehat yang begitu luar biasa.

Kita sebagai umat islam pasti mengenal Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam Beliau sosok suri tauladan dalam aspek kehidupan. Tidak hanya itu saja beliau juga mengajarkan kita cara beribadah yang baik dan benar kepada Allah SWT, dan Rasulullah juga mengajarkan kepada manusia untuk selalu hidup sehat batin dan lahir.

Dikarenakan seumur hidup baginda Nabi Muhammad SAW beliau hanya mengalami sakit dua kali. Pertama, beliau sakit ketika menjelang wafat. Kedua, disaat beliau diracun oleh seorang wanita Yahudi, yang saat itu sedang menghidangkan makanan kepada baginda Rasulullah SAW di Madinah.


Sudah seharusnya untuk kita menjaga kesehatan. Sebab sehat adalah nikmat yang diberikan oleh Allah yang harus dijaga.

Inilah beberapa Pola Hidup Sehat ala baginda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

  1. Tidak Begadang Di Malam hari
    Rasulullah tidak pernah begadang dimalam hari. Beliau juga tidak menganjurkan umatnya untuk begadang dimalam hari. Itulah sebabnya beliau tidak berbincang-bincang setelah waktu isya'. Beliau tidur sekitar pukul 21.30 atau bahkan sebelum pukul 21.30. Sekitar pukul 03.00 beliau terbangun untuk melaksanakan sholat malam. Tidur sesuai sunnah Nabi yaitu, tidur di malam hari dalam keadaaan gelap, tidur siang setelah Zhuhur selama 15-30 menit.

    Sering-sering untuk BerpuasaTelah dilansir dari beberapa hadis, Rasulullah sering puasa Senin dan Kamis. Selain ibadah puasa sebagai ibadah orang mukmin, puasa sendiri juga sebenarnya memiliki manfaat yang begitu luar biasa bagi kesehatan manusia. Bahkan 1001 penyakit berbahaya seperti  hipertensi, serangan jantung, kanker dan  diabetes, dapat disembuhkan.

  2. Menjaga Emosi
    Suatu ketika baginda Rasulullah pernah menasihati salah satu sahabatnya dengan berkata "Sudah jangan marah" sebanyak tiga kali. Nasihat ini menunjukkan kekuatan manusia tidak hanyak terletak pada jasad saja, melainkan kebersihan jiwanya. Kemudian tidak hanya itu saja, menahan amarahnya atau tidak mudah marah juga membuktikan dapat menjaga kesehatan tubuh. Ada obat hati diantaranya bersyukur, Bersabar, Berprasangka baik kepada Allah, Menjaga hati, iman, dan pikiran (positive thinking).

  3. Selalu Menjaga Kebersihan
    Di beberapa hadis Rasulullah pernah bersabda, kebersihan sebagian dari iman. Rasulullah terkenal pribadi yang rapih dan bersih. Setiap Kamis atau Jumat, beliau selalu rutin memotong kuku, mencukur rambut halus di pipi,  serta memakai minyak wangi-wangian.

    Rasulullah sangat menjaga kebersihan gigi dan mulutnya dengan melalui cara bersiwak, cara kehidupan Rasulullah sehari hari atau disebut sunnah beliau ini masih diikuti dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari umatnya. Cara sunnah menjaga kebersihan yang dianjurkan Rasulullah untuk yang harian: bersiwak, berwudu, mandi, untuk yang mingguan: memotong kuku dan mencukur kumis, untuk yang bulanan: memangkas bulu kemaluan dan ketiak.

  4. Rutin Berolahraga
    Beliau sangat hobi yang namanya berolahraga. seperti halnya bergulat, berkuda, memanah, berenang, berlari, dan melakukan Shalat dengan gerakan benar. Maka sebab itulah beliau memiliki tubuh yang sehat dan tidak hanya sehat beliau juga kuat.

  5. Menjaga Pola Makan Yang Benar
    Dipagi hari beliau mengkomsumsi air putih yang di campurkan dengan madu, beliau juga mengkomsumsi kurma ajwa' selepas dhuha. Dunia kesehatan menjelaskan bahwa madu dan kurma memiliki banyak manfaat untuk sistem pencernaan, dan dapat menetralisir racun. Ini semua sudah terbukti dan dibuktikan langsung oleh baginda Rasulullah ketika itu baginda hendak diracuni oleh seorang wanita Yahudi di kota Madinah.

    Rasulullah juga sering mengkonsumsi minyak zaitun diwaktu siang menjelang sore hari, dimalam hari baginda mengkonsumsi sayur-sayuran yang bernutrisi. Sesungguhnya sayuran memiliki kandungan antioksida yang meningkatkan kekebalan tubuh. Selepas makan malam baginda tidak langsung melaksanakan tidur tetapi melaksanakan shalat terlebih dahulu agar makanan cepat tercerna.

    Inilah saat-saat baginda Rasulullah meminum segelas air putih:
    - Setelah bangun tidur.
    - 30 menit sebelum tidur.
    - 1 jam setelah sarapan.
    - 30 menit sebelum sarapan.
    - 1 jam setelah makan siang.
    - 30 menit sebelum makan siang.
    - Beberapa saat sebelum tidur.
    - Selama waktu istirahat.

    Rasulullah selalu mengkonsumsi makanan yang halal dan thayyib ciri dari makanan tersebut, antaranya aman dikonsumsi jangka panjang dan jangka pendek, mendapat cahaya matahari, tumbuh di tanah yang tinggi mineral, bebas dari bahan kimia sintetik, mendapat cahaya matahari, tidak terpapar logam berat, tidak banyak pengolahan, tidak terpapar logam berat.

    Rasulullah juga meghindari makanan yang terdapat beberapa kandungan seperti penyedap, pengawet, perisa, pewarna, gula pasir, produk olahan, makanan cepat saji, makanan instan, obat-obatan kimia.

    Terdapat juga beberapa aktifitas yang Nabi Muhammad SAW lakukan dipagi hari. Setelah terbangun beliau beranjak kekamar mandi untuk buang air kecil dan air besar dengan benar, lalu setelah itu beliau pergi kemasjid untuk melaksanakan shalat Subuh berjamaah, beliau berdoa memohon kepada Allah SWT, beliau juga tak lupa mengucap syukur, memperbanyak istiqfar, dan memperbanyak sujud. Baginda juga tak lupa untuk memperbanyak sedekah kepada kaum fakir miskin. Setelah itu baginda mengkomsumsi herbal dan aromaterapi.

  1.  Janganlah Tidur Tengkurap
    Rasulullah SAW melarang umatnya untuk tidur tengkurap. Peristiwa ini bermula dari kisah Ya'isy bin Thikhfah Al-Ghifari.

    Dia bercerita ketika itu dia sedang tidur tengkurap didalam masjid ada seseorang yang menggerakkan kakinya dan mengatakan 'Sesungguhnya tidur tengkurap inilah yang Allah murkai' dan ternyata yang berbicara itu adalah beliau baginda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah ialah pakar kedokteran dan sekaligus Ulama mengatakan "Tidur dengan posisi miring dan ke sebelah kiri sangat membahayakan tubuh, karena dapat menbahayakan kesehatan jantung.

    “Jika kita terlalu sering tidur dengan posisi ke kiri akan dapat membahayakan bagi jantung karena jantung berada di organ dalam bagian kiri, maka dari itu bisa menekannya. Dan terlentang juga salah satu cara tidur kurang baik . Akan tetapi tidak bermasalah jika hanya sekadar beristirahat tanpa tidur. Dan satu lagi cara tidur yang kurang baik juga ialah berbaring dengan mukanya atau tengkurap,” ujar Ibnul Qayyim.

    Ilmu kedokteran mengatakan bahwa tidur tengkurap sangatlah berbahaya. Tidur tengkurap akan membuat otot pernafasan dan membuat otot dada tidak dapat mengembangkan secara baik dan maksimal. Hingga aliran oksigen menjadi sedikit dan berakibat sesak nafas.

    Tidur disisi kiri badan juga sangat berbahaya. Dikarenakan organ-organ dapat menghimpit jantung sehingga sirkulasi darah akan terganggu dan dapat mengurangi darah ke otak. Sedangkan tidur terlentang dianggap kurang baik juga karena apabila bagian  tubuh tidak menyentuh tempat tidur dengan ideal atau tubuh tidak ditopang dengan baik sehingga akan mengakibatkan sakit punggung.

  2. Selalu Menjaga Kebersihan Lingkungan
    Kebersihan lingkungan sudah pasti harus dijaga karena apabila kondisi lingkungan kotor badan akan mudah terserang penyakit terlebih lagi penyakit demam berdarah yang diakibatkan oleh nyamuk. Nabi Muhammad SAW telah menjelaskan tentang kebersihan beliau mengatakan, “Sesungguhnya Allah SWT itu Maha Suci dan menyukai hal-hal yang suci, Allah SWT Maha Bersih dan menyukai kebersihan, Allah SWT Itu Maha Mulia dan menyukai kemuliaan, Allah SWT Maha Indah dan menyukai keindahan, sebab karena itulah selalu bersihkan tempat-tempatmu.” (Hadist Riwayat Tirmidzi).

Komentar


Postingan populer dari blog ini

Tentang Indo Star Net

Hallo teman-teman, selamat datang di blog indostarnet.com. Apa kabar kalian semua? semoga baik-baik saja, selalu sehat dan dalam lindungan Allah SWT, Aamiin. Blog indostarnet.com  adalah blog yang akan membahas dan menyajikan semua hal yang insya Allah menarik dan bermanfaat bagi warganet, terutama di Indonesia. Blog ini mengutamakan informasi yang baik sesusai peraturan negara ataupun agama. Sehingga penulis kami sangat berhati-hati dalam mempublikasikan setiap tulisan. Tetapi akan selalu menjaga kualitas tulisan atau artikel kami dengan bahasa yang baik dan mudah di pahami. Agar dapat di terima oleh semua lapisan masyarakat di Indonesia. Blog indostarnet.com dapat diakses kapan saja dan dimana saja, tentunya jika ada jaringan internet yang baik. Blog ini kami desain dengan sebaik mungkin sehingga pembaca dapat mengakses website kami dengan mudah, ringan dan hemat kuota internet. karena kami selalu meminimalisir media gambar, audio dan video. Tentunya kami berharap semua tulisan dalam

Apa itu Delirium COVID, simak penjelasanya

IndoStarNet  - Delirium merupakan salah satu gejala Covid-19 yang berkaitan terhadap kondisi kognitif, psikis, kesadaran pasien, yang ditandai dengan gangguan mental dan rasa kebinggungan akan lingkunggan sekitar dan dapat menimbulkan gangguan emosinya naik. Biasanya Covid-19 berdampak pada kondisi fisik seperti sesak dan nyeri. Istilah lain, Delirium adalah gangguan   kognitif atau kemampuan berpikir,  gangguan kesadaran , dan perhatian pada seorang pasien akibat salah satu penyakit tertentu, atau ganguan mental dengan ditandai kebinggungan akan lingkungan sekitar dan menurunnya awareness ( kesadaran) pada lingkungan sekitar yang pada akhirnya menyebabkan seseorang emosi. Delirium dibagi menjadi tiga bagian berdasarkan keparahan, penyebabnya, dan karakteristik: Delirium Hiperaktif (   hyperactived delirium ) biasanya pasien mengalami kewaspadaan yang begitu tinggi dan susah untuk diajak bekerja sama. Delirium Hipoaktif ( hypoactived delirium ) seseorang akan lebih banyak menghabiska