Langsung ke konten utama

Inilah, 7 Makanan Sehat ala Rasulullah


IndoStarNet
- Semua orang pasti akan selalu menginginkan tubuh yang sehat. Segala sesuatu cara akan mereka lakukan untuk menjaga supaya badan tetap sehat dan tetap fit walaupun umur terus selalu bertambah.

Tau nggak kalian, ternyata selain aktif bergerak dan berolahraga, ada sesuatu hal lagi yang kita harus memperhatikannya untuk menjaga kesehatan . Apa yaa kira-kira? Yups, benar sekali, makanan yang sehat untuk tubuh kita!

Imam Ibnul Qayim Al Jauziyah menjelaskan kepada kita bahwa baginda Rasulullah Shallallahu’alaihi wassalam tidak pernah membatasi dirinya dari sesuatu makanan tetapi beliau menyeimbanginya. Maksud dari semua itu ialah, Rasululah Shallallahu’alaihi wassalam menyeimbangi sesuatu zat yang terkandung dalam makanan yang dirasa berlebih dengan makanan yang terkandung lawan zat dari zat tersebut. Sehingga baginda Rasulullah Shallallahu’alaihi wassalam makan makanan secara berimbang. Semisal, beliau akan memakan buah kurma yang di rasa bersifat panas dengan suatu makanan yang bersifat dingin seperti mentimun.

Rasulullah Shallallahu’alaihi wassalam mengajarkan kepada kita bahwa sesuatu yang diambil berlebihan itu tidak akan baik. Bahkan akan menimbulkan penyakit jika kita memakan makanan dengan porsi yang cukup banyak atau berlebihan dan juga bisa menimbulkan penyakit apabila makanan yang kita makan adalah makanan yang salah, seperti makanan yang sudah basi, makanan yang sudah lama tapi tetap di makan, atau bahkan makanan yang dibiarkan ditempat terbuka.


Allah SWT berfirman:

“Minum dan makanlah, akan tetapi tidak berlebihan.” (QS. Al-A’raf: 31).

Rasulullah merupakan sosok yang menyukai makanan yang sehat. Selain itu beliau juga suka berbagi makanannya kepada orang sekitar yang membutuhkannya. Ketika makan, Rasulullah tidak menggunakan alat apapun itu, seperti garfu atau sendok . Melainkan beliau hanya menggunakan tangan kanannya untuk memakan suatu makanan.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam mengajar dan menganjurkan kepada kita untuk agar tidak meniup makanan atau minuman yang panas, tetapi kita harus menunggu makanan atau minuman tersebut agar sedikit dingin sehingga dapat dimakan tanpa kita meniupnya.

Oiyaa aku kan mau ngasih tahu Makanan ala Rasulullah, ini aku kasih tau yaa..

7 Makanan Sehat ala Rasulullah Shallallahu’alaihi wassalam

  1. Madu
    Madu dapat dikonsumsi tanpa memiliki efek samping di segala penyakit. Meskipun begitu madu memiliki rasa yang manis, jika mengkonsumsinya dalam dosis yang tepat untuk dijadikan obat itu tidak akan berbahaya pada pasien diabetes. Madu tersebut juga baik untuk pasien yang sedang mengalami radang sendi, untuk kerontokan rambut, dapat juga meningkatkan nafsu makan, mengontrol kadar kolesterol dan meningkat kesehatan pencernaan tubuh. Madu yang disarankan adalah Madu Murni. Madu juga dapat menggantikan zat yang telah hilang karena disebabkan kerja jantung yang tidak pernah berhenti, dapat membuat lebih awet dan lebih kuat. Madu tersebut juga telah dianggap sebagai antibiotik yang memumpuni membunuh kuman dan bakteri.

  1. Kurma Ajwa
    Kurma Ajwa atau yang sering disebut kurma nabi ini merupakan salah satu kurma yang disukai hampir semua orang, terlebih lagi ketika di bulan suci Ramadhan. Terkenal dengan kurma favorit baginda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam.

  1. Cuka
    Cuka sangat banyak manfaat bagi kesehatan. Cuka juga dapat bersihkan isi lambung, dapat menghilangkan rasa haus. Cuka apabila digunakan saat berkumur-kumur memiliki beberapa fungsi yaitu untuk menyembuhkan sakit gigi dapat memperkuat akar-akar gigi. Kemudian apabila cuka diletakkan di dekat kepala, dapat menghilangkan rasa sakit yang ada di kepala.

  1. Jahe yang di Minum dengan Air Hangat
    Tanaman yang satu ini sudah populer dikalangan masyarakat dan sudah tidak diragukan lagi untuk dijadikan obat diberbagai penyakit. Manfaat jahe antaralain dapat menurunkan berat badan kita, meredakan nyeri saat haid, meredakan nyeri otot dan sendi dan masih banyak lagi manfaat dari tanaman herbal ini.

  1. Sayur-sayuran dan buah-buahan
    Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam pun menyukai sayuran dan buah seperti labu, mentimun, semangka, melon, buah Tin.

  1. Daging
    Beliau bersabda, “Daging dapat menambah fungsi pendengaran kita, daging juga merupakan makanan utama di akhirat dan di dunia. Seandainya apabila aku memohon kepada Allah agar Allah memberiku makanan daging setiap harinya, niscaya Allah SWT akan memberi kannya.”

  1. Susu
    Susu menjadi salah satu minuman yang dimuliakan dalam Al Quran. Susu juga adalah minuman yang sangat disukai baginda Rasulullah. Susu disini kemungkinan yang dimaksud adalah susu kambing .

 

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang kerap dikonsumsi Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam :

  1. Makanan yang dari kurma dan gandum.
  2. Makanan daging kambing yang beliau sukaai yakni warna merah (yang berarti daging itu masih segar dan tidak ada kandungan lemaknya).
  3. Mengonsumsi laban atau minum susu.
  4. Meminum air rendaman kurma atau mint atau juga lemon yang disebut infused water.
  5. Meminum air yang berada di gelas atau wadah yang ditutup.

Ada satu makanan yang sangat Rasulullah sukai yaitu Tharid masakan kaldu dengan isian utama kacang chickepa atau himmis.

Selain itu, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam juga mengajarkan untuk kita membatasi makan lewat berpuasa. Beliau berpuasa pada hari Senin, Kamis dan berpuasa pada tanggal 13, 14, dan 15 syawal atau disebut Puasa Ayyamul Bidh. Tentu pastinya puasa wajib pada Bulan Ramadhan dan sunah-sunah puasa lainnya di bulan Muharram.

Pelajaran yang kita pelajari dari kisah Rasulullah ini benar-benar menjadi kunci untuk pedoman hidup, agar selalu taat kepada Allah SWT , dan selalu mengikuti ajaran yang diajarkan baginda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam agar kita senantiasa selalu mendapat ridha dari Allah SWT.

Poin-poin penting mengenai Makanan baginda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam, sebagai berikut:

  1. Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam mengonsumsi makanan lokal atau makanan yang dihasilkan di daerahnya, karena makanan seperti sayuran dan buah-buahan cepat sekali membusuknya maka akan lebih baik lagi jika tidak menjualnya terlalu jauh dari tempat buah dan sayur itu dipanen. Sebabkan tidak akan banyak proses yang dialami oleh sayuran dan buah-buahan tersebut.
  2. Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam juga sering mengonsumsi buah-buahan sayur-sayuran sehingga kesehatan beliau terjaga.
  3. Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam memang suka mengkonsumsi madu dengan air putih, tetapi tidak sering dilakukan.
  4. Selain itu juga Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam tidak akan mencampur ikan, daging, dan telur dengan meminum susu dan sesuatu yang masam seperti yogurt, dikarenakan apabila susu dikonsumsi bersama-sama dengan sesuatu yang masam, hal itu akan memicu masalah pencernaan dan memunculkan penggumpalan.
  5. Dan dijelaskan juga bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam tidak akan menyampurkan suatu makanan yang memiliki unsur sama, seperti makanan yang memiliki sifat dingin dengan makanan yang memiliki sifat dingin juga.
  6. Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam tidak akan menyampurkan makanan yang segar dengan makanan yang telah diawetkan.
  7. Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam tidak menggabungkan dengan makanan yang mudah dicerna dan makanan yang susah dicerna.
  8. Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam tidak mengonsumsi makanan yang telah mengalami proses penggaraman dan proses fermentasi atau pembusukkan, seperti semacam asinan, tape, manisan, dikarenakan hal-hal tersebut bisa mengakibatkan keseimbangan tubuh terancam danmengalami gangguan kesehatan dan.



Komentar


Postingan populer dari blog ini

Tentang Indo Star Net

Hallo teman-teman, selamat datang di blog indostarnet.com. Apa kabar kalian semua? semoga baik-baik saja, selalu sehat dan dalam lindungan Allah SWT, Aamiin. Blog indostarnet.com  adalah blog yang akan membahas dan menyajikan semua hal yang insya Allah menarik dan bermanfaat bagi warganet, terutama di Indonesia. Blog ini mengutamakan informasi yang baik sesusai peraturan negara ataupun agama. Sehingga penulis kami sangat berhati-hati dalam mempublikasikan setiap tulisan. Tetapi akan selalu menjaga kualitas tulisan atau artikel kami dengan bahasa yang baik dan mudah di pahami. Agar dapat di terima oleh semua lapisan masyarakat di Indonesia. Blog indostarnet.com dapat diakses kapan saja dan dimana saja, tentunya jika ada jaringan internet yang baik. Blog ini kami desain dengan sebaik mungkin sehingga pembaca dapat mengakses website kami dengan mudah, ringan dan hemat kuota internet. karena kami selalu meminimalisir media gambar, audio dan video. Tentunya kami berharap semua tulisan dalam

Inilah, Pola Hidup Sehat ala Rasulullah

IndoStarNet - Terdapat beberapa cara pola hidup sehat yang baginda Rasulullah terapkan selama hidupnya yang harus umat islam ketahui. Apabila cara pola hidup baginda Rasulullah dapat dilaksanakan dengan baik dan benar, insya Allah kita dapat merasakan nikmat sehat yang begitu luar biasa. Kita sebagai umat islam pasti mengenal Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam Beliau sosok suri tauladan dalam aspek kehidupan. Tidak hanya itu saja beliau juga mengajarkan kita cara beribadah yang baik dan benar kepada Allah SWT, dan Rasulullah juga mengajarkan kepada manusia untuk selalu hidup sehat batin dan lahir. Dikarenakan seumur hidup baginda Nabi Muhammad SAW beliau hanya mengalami sakit dua kali. Pertama, beliau sakit ketika menjelang wafat. Kedua, disaat beliau diracun oleh seorang wanita Yahudi, yang saat itu sedang menghidangkan makanan kepada baginda Rasulullah SAW di Madinah. Sudah seharusnya untuk kita menjaga kesehatan. Sebab sehat adalah nikmat yang diberikan oleh Allah yang

Apa itu Delirium COVID, simak penjelasanya

IndoStarNet  - Delirium merupakan salah satu gejala Covid-19 yang berkaitan terhadap kondisi kognitif, psikis, kesadaran pasien, yang ditandai dengan gangguan mental dan rasa kebinggungan akan lingkunggan sekitar dan dapat menimbulkan gangguan emosinya naik. Biasanya Covid-19 berdampak pada kondisi fisik seperti sesak dan nyeri. Istilah lain, Delirium adalah gangguan   kognitif atau kemampuan berpikir,  gangguan kesadaran , dan perhatian pada seorang pasien akibat salah satu penyakit tertentu, atau ganguan mental dengan ditandai kebinggungan akan lingkungan sekitar dan menurunnya awareness ( kesadaran) pada lingkungan sekitar yang pada akhirnya menyebabkan seseorang emosi. Delirium dibagi menjadi tiga bagian berdasarkan keparahan, penyebabnya, dan karakteristik: Delirium Hiperaktif (   hyperactived delirium ) biasanya pasien mengalami kewaspadaan yang begitu tinggi dan susah untuk diajak bekerja sama. Delirium Hipoaktif ( hypoactived delirium ) seseorang akan lebih banyak menghabiska